Jumat, 07 Januari 2011

Kasembon Rafting

Asyik... Pada akhirnya bisa rafting juga. Kali ini aq rafting bersama keluarga Paklek Soni (Mbak Sita, Gifar, Fadhil, dan Nafis). Acara rafting kita sebenarnya tanggal 25 Desember 2010 tapi baru aq posting hari ini. Dalam perjalanan menuju Kasembon tidak terlalu macet jalannya. Senangnya bukan main setelah nyampe di sana. Tapi ternyata kita belum bisa rafting saat itu juga karena harus mengantri dulu. Kita dapat jam 10.00 (reservasi dulu tapi). Tapi ternyata setelah menunggu sampai jam 10 lewat kita belum diberangkatkan untuk rafting. Akhirnya kita menunggu dan menunggu sampai 3 jam lebih. Ternyata eh ternyata ada rombongan yang telat datang akhirnya jadwalnya menjadi mundur. Sebel banget jadinya. Pengen seneng-seneng tapi waktu kita terbuang selama 3 jam lebih. Megelno pisan. Tapi ra opo-opo seng penting kita tetep diberangkatkan untuk rafting.  Meskipun sudah siang sekitar pukul 12.30. Namun sebelumnya kita diberi arahan terlebih dahulu dari panitia Kasembon Rafting, yaitu:
  1. Harus memakai safety guard (jaket pelampung) dan helm. Pada awalnya aku mengira helm itu buat nglindungi kita dari benturan batu di sungai. Eehh ternyata salah. Fungsi helm itu ternyata untuk melindungi kita dari benturan dayung dari teman kita sendiri. Aku jadi ketawa mendengarnya. Wakakakakakakakakakak....
  2. Trus peralatan yang tidak kalah pentingnya adalah dayung. Sudah tahu kan fungsi dari dayung itu sendiri? Benar. Dayung berfungsi untuk menjalankan perahu dan mengontrol perahu (k kanan dan k kiri)
  3. Dayung kiri berarti yang mendayung adalah orang yang duduk di sebelah kiri dan begitu sebaliknya.
  4. Pindah kanan berarti orang yang di sebelah kiri harus pindah k sebelah kanan tapi orang yang di sebelah kanan jangan pindah k sebelah kanan cz bisa2 ntar nyemplung lagi k sungai dan begitu juga sebaliknya.
  5. Boom fungsinya adalah aba-aba saat ada tebing (+ 3 m) dan badan kita harus condong k belakang agar perahunya bisa seimbang dan tidak terbalik saat terjatuh.
  6. Dan ternyata kita diberi seorang guide untuk menemani kita rafting. Dan ternyata orang yang mengendalikan perahu kita ya guide itu. Hehehehehehehehehe...
  7. Jangan khawatir soal foto cz pihak sana sudah menyediakan seseorang yang bertugas untuk memfoto kita saat rafting. Biasanya mereka stay d tempat Boom. Jadi pas terjadi Boom jangan sampai mata kita terpejam. Jelek hasilnya.
  8. Trus klo tersangkut d batu kali kita diharuskan menggoyang-goyangkan perahu.
  9. Rute jarak tempuhnya + 7 km dan d tempuh + 2 jam. Dalam perjalan terdapat 2 tempat peristirahatan dan d sana kita disediakan minuman jahe dan teh hanget serta camilan pisang goreng.
  10. Dan setelah berakhir rute raftingnya kita diangkut menggunakan mobil pick up.
Saat giliran kita, rombongan kita ada 10 kelompok yang masing-masing membawa anggota masing-masing. Dan salah satu dari kelompok kita, ada BULE. Kita semua menyapa dan senyam senyum sendiri. Wakakakakakakakakakak...

Inilah beberapa foto yang aku posting saat rafting d Kasembon.







Klo dari segi tingkatan raftingnya, Kasembon merupakan jenis level easy. Klo yang medium ada di Probolinggo. Sedangkan yang hard atau advance entah berantah da d mana. Aq belum tahu. Klo teman-teman yang lain ada yang tahu tolong d kasih tahu ya aq. OK!
Berdasarkan pengalamanku, untuk mencari tantangan duduknya ada di depan. Bener dech! Paling depan sendiri tu tempat duduk yang paling ngeri. Liat aja tuh fotonya waktu ada BOOM, yang paling depan kan yang jempalingan molak malik sendiri sedangkan yang di belakangnya k g sama sklai jempalingan cuma teriak aja. Di Kasembom BOOMnya ada 5 buah. Nach waktu di BOOM terakhir aq jempalingan sendiri sampe-sampe kakiq mengenai adekq (posisi terbalik) saking tingginya BOOM. Untung ja g kena jepretan foto cz di BOOM terakhir tu tidak da petugas fotonya. Coba ja klo di foto bakalan malu aq seumur hidup saking tubuhq yang over reaction. Hehehehehehehehehehehehe
Setelah selesai rafting kita kembali k tempat awal, yaitu di pondok rafting. D sana kita sudah disiapkan makanan jawa seperti nasi jagung, ikan asin, urap, tempe, krupuk, dadar jagung, wader, sambel, dan lain-lain pokonya. Cuma tinggal milih saja. Terus klo minumnya ada teh dan jeruk hangat. Pas mandi dan kita butuh kresek jangan khawatir d sana sudah d sediakan kresek gede buat tempat baju kita yang basah.
Aq akan kasih tahu keseluruhan biaya rafting + foto-fotonya:
  1. Rafting @ Rp 150.000/orang (sudah termasuk fasilitas makan dan mandi)
  2. Foto @ Rp 15.000/foto (dalam bentuk CD)
Transport :
  • Malang - Kasembon + Rp 7.500 (Bus Puspa Indah + 1,5 jam)
  • Dari arah Madiun dan sekitarnya (Jateng) naik bus jurusan Jombang atau Surabaya. Setelah itu turun d Terminal Jombang oper Bus Puspa Indah + Rp 7.500 dan perjalanannya + 1,5 jam. Madiun - Jombang + Rp 11.000 - Rp 12.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar