Senin, 07 Maret 2011

Harvest Moon

Harvest Moon adalah permainan peran ang telah pertama-tama dikeluarkan untuk Super Nintendo. Versi-versi berikutnya menyusul dalam versi Game Boy dan GBA, Nintendo 64, dan Nintendo DS. Selain itu juga tersedia versi PlayStation, PlayStation 2 dan Play Station Portable (PSP). Game ini mengacu kepada kehidupan pedesaan dan tugas yang diberikan kepada kita untuk mengembangkan pertanian dengan menanam tanaman, mengurus hewan dan mengatur kehidupan sosial dengan warga desa. Hal yang menjadi tantangan adalah bagaimana mereka mengatur waktu. Hanya ada sedikit waktu setiap harinya, dan pemain mempunyai energi yang terbatas. Mereka harus membagi waktu mereka untuk melakukan pekerjaan di ladang dan menjalin persahabatan dengan penduduk kota.

Aspek-Aspek Permainan
Jalan Cerita 
Meskipun kebanyakan pemain utama di game ini adalah laki-laki, ada beberapa jenis Harvest Moon baru yang pemain utamanya bisa perempuan. Para pemain biasanya diminta untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan peternakan, seperti menanam tanaman, menambah persediaan makanan, bersahabat dengan penduduk lain, dan mencari pasangan.

Menanam Tanaman 
Ini adalah hal yang paling utama dalam permainan Harvest Moon. Para pemain harus mencari cara menanam, menyiram, dan memanen tanaman dengan optimal. Mencari tanaman yang paling menguntungkan, membuat petak agar bisa ditanami, dan memanen semua tanaman sebelum musim dingin datang, adalah kunci utama untuk mengumpulkan uang. Di setiap musim ada tanaman yang berbeda, kecuali pada musim dingin, dimana tanaman tidak dapat tumbuh dan pemain bisa mencari pendapatan dengan menambang, memancing, dan lainnya. Di beberapa versi, terdapat rumah kaca yang dapat digunakan selama musim dingin untuk menjaga tanaman. Lobak, kentang, tomat, jagung, wortel, stroberi, adalah conntoh-contoh tanaman yang ada di Harvest Moon.

Hewan Peliharaan dan Hewan Ternak 
Di banyak seri Harvest Moon, pemain biasanya diberi hewan peliharaan anjing dan kuda. Di beberapa seri, 2 hewan tersebut bisa mengikuti pertandingan untuk memenangkan hadiah, seperti lomba pacuan kuda dan balap anjing.

Menikah 
Di banayk seri Harvest Moon, pemain biasanya dapat menikahi seorang wanita, ini bisa dilakukan bila pemain telah merebut hati si wanita tersebut. dan biasanya untuk menikah diperlukan bulu biru sebagai tanda pertunangan. kecuali pada seri game Harvest Moon yang bejudul Harvest Moon Save The Home Land. pada seri ini pemain tidak dapat menikah.

Seri Harvest Moon
Harvest Moon : Back to Nature
Adalah sebuah permainan video game yang berisi tentang simulasi perkebunan. Merupakan salah satu seri permainan video-game Harvest Moon, yang juga merupakan satu-satunya seri Harvest Moon untuk PlayStation. Game ini dikembangkan oleh Victor Interactive Software. Karakter dari Harvest Moon 64 kebanyakan berpindah ke game ini, meskipun dengan gaya hidup baru dan karakter baru, termasuk pula dengan gadis yang bisa dinikahi (Ann, Popuri, Mary, dan Karen).
Di dalam game, Jack (bisa dinamai bebas) memulai permainan dengan memiliki sebuah perkebunan yang kacau-balau dan sedikit uang untuk memulai perkebunan. Akhir dari game ini adalah pemain harus membuat sebuah perkebunan yang terawat dan sukses, serta menjalin persahabatan dengan penduduk desa lainnya di Mineral Town, desa dimana pemain tinggal. 3 faktor yang penting untuk diperhatikan adalah ketersediaan waktu, uang, dan tenaga. Tanaman yang penyiramannya perlu dilakukan setiap hari membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Pemain harus meng-upgrade peralatan yang dimilikinya sehingga lebih efisien dalam penggunaan waktu dan tenaga. Untuk meng-upgrade peralatan juga membutuhkan waktu dan tenaga.
Harvest Moon: Back to Nature
Harvest Moon Back to Nature.jpg
PlayStation version cover art
Pengembang Victor Interactive Software (PlayStation)
Marvelous Interactive (PSP)
Penerbit Natsume
Sistem operasi PlayStation, PlayStation Portable, PlayStation Network
Tanggal rilis PlayStation
JP 16 Desember 1999
AN 22 November 2000
UE 26 Januari 2001
PSP
JP 23 November 2005
AN July 31, 2007
PlayStation Network
JP 24 December 2008[1][2]
Kategori permainan Simulation/role-playing
Mode permainan 1 pemain

Harvest Moon : A Wonderful Life
Adalah sebuah video-game yang diciptakan untuk konsol Nintendo Gamecube yang dirilis pada 16 Maret 2004. Permainan ini dikembangkan oleh Marvelous Interactive Inc. dan dirilis oleh Natsume. Permainan ini merupakan salah satu seri video game Harvest Moon.

Hewan Peliharaan

Pemain memulai permainan dengan satu ekor sapi, dan bisa menambah binatang lainnya, seperti domba, sepasang ayam, dan seekor kuda. Di seri Harvest Moon ini pula mulai diperkenalkan bebek dan kambing. Kambing bisa menghasilkan susu selama 1 tahun, setelah itu, ia akan berhenti memproduksi susu. Kambing ini tidak dapat dijual, sehingga akan memakan satu tempat di dalam kandang. Sebagai akibatnya, beberapa pemain biasanya berusaha untuk menghilangkan kambing tersebut (misalnya dengan tidak memberinya makan) sehingga kambing itu mati dan bisa menyediakan satu tempat kosong di kandang. Hewan peliharaan lainnya yang telah didapat di awal permainan adalah seekor anjing dan akan diberikan lagi seekor kucing oleh Romana.

Pernikahan

Di versi ini anda bisa menikahi celia (penjual bibit), muffy (waiter di bar), nami (tinggal di inner inn , lumina (cucu dari romana) anda bisa memberikan bunga kepada celia bila ingin menikahinya (secara rutin), bila ingin menikahi muffy berikan juga ia bunga secara rutin, bila ingin menikahi nami anda harus memberikan barang-barang artifak (tambang) secara rutin juga, dan lumina dengan memberikannya bunga secara rutin. Pernikahan dapat dilakukan bila diantara keempat wanita ini sudah memiliki 4 hati merah kepada anda, lalu berikan bulu biru (blue feather)yang telah anda dapatkan dari kurcaci. untuk melihat hati keempat wanita ini kepada anda: celia = di tempat tidurnya di lantai atas, muffy = di pot bunga di pojok barnya, nami = buku biru di kamar tingkat 2 inner inn, lumina = di meja kamarnya.

Tanaman

Bercocok tanam di Harvest Moon : A Wonderful Life sangatlah kompleks. Lokasi peternakan memiliki tiga macam lahan, dan setiap lahan memiliki tingkat keseuburan yang berbeda. Tanaman harus disiram pagi dan sore, dan di lahan pertama tanaman itu harus diberi pupuk agar tanaman cepat tumbuh. Setiap tanaman memiliki waktu tumbuh pada musim-musim tumbuh, dan akan tumbuh dengan tidak baik apabila ditanam tidak sesuai dengan musimnya. Tanaman dibagi atas 2 macam, yaitu tanaman sayur dan pohon. Tanaman sayur harus ditanam sesuai dengan musimnya, jika tidak maka ia akan mati. Tanaman pohon dapat ditanam kapan saja, tapi hanya akan berbuah pada musimnya. Salah satu fitur unggulan baru pada Harvest Moon : A Wonderful Life adalah menyilangkan tanaman. Pemain bisa memunculkan ini setelah ia menyuruh Tartan, sebuah tanaman yang bisa berbicara, yang akan muncul bila pemain bersahabat dengan Takakura.

Jalan Cerita

Pemain akan mulai permainan ini di sebuah desa bernama Forget-Me-Not Valley. Takakura, seorang teman baik ayahmu, akan mengajakmu berkeliling di sekitar perkebunan yang ditinggalkan ayahmu. Lalu ada 2 macam anjing datang dan dapat kamu pilih salah satu untuk diadopsi. Anjing bisa dilatih untuk mengusir murrey, si pencuri. Lalu, Takakura mengajakmu berjalan-jalan di sekitar desa (dengan persetujuanmu). Kamu memulai perkebunanmu dengan seekor sapi, seekor anjing, beberapa macam alat (beberapa masih tersimpan di gudang penyimpanan), 2 buah rekaman lagu latar, 2 kantong benih tomat, dan uang 3000G. Di peternakan ada berbagai gedung yang tinggi dan rendah.gedung itu adalah: barn (peternakan): di sini anda memelihara berbagai hewan ternak kecuali ayam yaitu: sapi, kambing, domba, dll tempat ayam ada diantara 2 kebun dengan atap biru disini tempat merawat ayam yang dipesan di food storage dan makanannya bisa juga dipesan di food storage.di pojok tempat ayam ada tempat seperti kursi itu untuk menetaskan telur jenis fertilized egg food storage:tempat untuk mengurus makanan dll. Didalamnya ada berbagai kotak yang berciri-ciri: kotak biru bertuliskan farm:tempat menaruh makanan untuk dibawa ke kota oleh Takakura. Kotak anyaman berwarna kuning:untuk menjual hasil tanaman dan benih. Dua tumpukan kotak kayu disini tempat mengambil hasil penjualan makanan, tumbuhan & benih diambil disini juga tempat membeli hewan ternak, alat peternakan & perkebunan (tools), miracle potions (menikahkan sapi) menjual sapi, dll.

Permulaan

Pemain akan bangun pukul 5 pagi. Pemain bisa memberi makan sapi dan memerah susunya. Lalu pemain bisa pergi membeli benih. Benih ini dijual di perkebunan milik Vesta. Di bagian permulaan ini pemain harus mengumpulkan uang, menjalin persahabatan dengan para penduduk desa, lalu juga mencari seorang pasangan. Desa tersebut akan didatangi oleh seorang saudagar dari kota bernama Van tiap tanggal 3 dan 8 tiap bulannya. Lalu pemain juga akan mendapat seekor kuda di musim panas.warna kuda tergantung kerja kerasnya: kuda hitam:kurang kerja keras. Kuda kuning: kerja keras. kuda putih: sangat kerja keras di permainan ini tidak diper bolehkan keluar kota (di dekat penjualan vesta) bisa game over.

Ulang Tahun

Di bagian kedua ini kamu akan mendapatkan seorang anak laki-laki/perempuan jika kamu kerumah kurcaci lalu bicara terus dengan pot sampai dia bilang 'you win'. Lalu bicara dengan kurcaci lalu dia menanyakan mau daughter (anak perempuan) atau son (anak laki-laki). Tapi percuma anda mencoba jika memilih laki-laki karena jika tidak mencoba cara ini otomatis anak anda laki-laki. Cara ini harus dilakukan sebelum menikah. Anak ini kepribadiannya tergantung dari wanita yang kamu nikahi. Kamu akan mendapat tambahan ruangan, sebuah dapur, sebuah ruang makan, sebuah kulkas, dan 2 buah kamar mandi. Kamu juga akan mendapatkan seekor kucing dari Romana. Situs penambangan akan bertambah besar. Grant, Samantha, dan Kate akan datang ke desamu dan akan menempati sebuah rumah di antara rumah Wally dan Galen. Van menjual mainan untuk anakmu, dan ia juga akan menjual kambing yang hanya dijual pada musim semi saja. Harga kambing 4000G. Di bagian ini, kamu juga akan menjumpai Tartan, yaitu sebuah tanaman yang bisa berbicara dan membuat bibit jenis baru dengan memasukkan 2 bibit yang berbeda kedalamnya. Sepasang bebek juga akan datang ke rumahmu apabila kamu sudah membuat kolam. Galen sudah pindah dari rumahnya, dan ia pindah ke sebuah bukit dekat perkebunan Vesta. Nina meninggal dan dimakamkan dekat situ.

Happy Harvesting

Di bagian ini, anakmu akan sedikit bertambah besar. Sekarang dia telah mempunyai ruangan sendiri.

Happy Farm Life

Di bagian ini, anakmu telah menginjak remaja. Dia tidak mau lagi bermain denganmu dan lebih independen. Kamu telah bertambah tua, sama juga seperti beberapa penduduk desa lainnya.
Harvest Moon: A Wonderful Life
Harvest Moon: A Wonderful Life U.S. GameCube box cover
Pengembang Victor Interactive Software / Marucome (PS2 Version)
Penerbit Natsume Co., Ltd (NA) / Victor Entertainment / Marvelous Interactive (PS2 Version) (JP) / 505 Game Street (PS2 Version) (EU)
Sistem operasi Nintendo GameCube, PlayStation 2
Tanggal rilis GameCube
JP September 12, 2003
NA March 16, 2004
EU March 26, 2004
PlayStation 2
JP November 11, 2004
NA October 28, 2005
EU November 16, 2005
Kategori permainan Simulation/Role-playing
Mode permainan Single-player
Batas umur pemain ESRB: Everyone (E)
PEGI: 3+
Media 1 × GameCube Optical Disc (Gamecube Version) / 1 × DVD (PS2 Version)

Harvest Moon :  Save the Homeland
Harvest Moon: Save the Homeland, dirilis oleh Natsume pada tahun 2001, adalah sebuah game yang bertema perkebunan, merupakan salah satu seri dari Harvest Moon. Ini adalah permainan Harvest Moon pertama yang dirilis untuk konsol Playstation 2.

Kilas Balik

Harvest Moon : Save The Homeland, pemain mengambil peran seorang pemuuda berusia 21 tahun yang kakeknya sudah meninggal dan mewariskan perkebunannya padanya. Setelah sampai di perkebunan, pemain akan bertemu dengan Peri Harvest dan Dewi Harvest, yang akan menanyakan apakah pemuda itu mau mengambil alih perkebunan itu dan membantu mengembangkannya. Dewi Harvest akan mengajukan 3 buah pertanyaan dan semua pertanyaan itu harus dijawab dengan baik, karena akan menentukan tingkat keberhasilan pemain itu selanjutnya. Area pedesaan itu akan dijadikan tempat permainan dan hiburan, sehingga tujuan dari game ini adalah mencari penyelesaian dari suatu permasalahan (selanjutnya disebut ending) sebelum tahun itu berakhir. Ada 9 ending yang harus diselesaikan. Perbedaan mencolok dengan seri Harvest Moon sebelumnya adalah tidak adanya pernikahan pada game ini. Pemain dituntut untuk bersahabat dengan penduduk desa lainnya dalam 1 tahun untuk menyelesaikan salah satu ending.

Harvest Moon: Save the Homeland
Harvest Moon - Save The Homeland cover art.jpg
Pengembang Victor Interactive Software
Penerbit Natsume Co., Ltd
Sistem operasi PlayStation 2
Tanggal rilis JPN July 5, 2001
NA November 20, 2001
Kategori permainan Simulation/Role-playing
Mode permainan Single player
Batas umur pemain ESRB: E (Everyone)

Sumber : Wikipedia

I love this game. Aq sudah menyelasaikan game ini dengan bersusah payah dengan menghabiskan waktu liburq (liburan semester waktu S1). Dengan bantuan si Niken akhirnya bisa juga menyelesaikan game ini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar