Senin, 14 Februari 2011

Kepiting

Hari minggu kemarin akhirnya bisa juga aq melihat cara memasak kepiting. Gara-gara Bulek beli kepiting 2 kg dari pasar. Ternyata cara memasak gampang-gampang susah.
  1. Klo pengen rasa kepitingnya enak, lebih baik beli kepiting yang masih hidup. Cara membedakan kepiting hidup dengan yang sudah mati adalah dengan melihat matanya. Klo matanya waktu di pegang bergerak alias "mendelep" berarti tu kepiting masih hidup.
  2. Rebus kepiting dalam panci yang telah diisi oleh air sampe mendidih dan sampe kepitingnya benar-benar mati. Jadi waktu direbus tu kepiting masih hidup. Diamkan kurang lebih selama 20 menit.
  3. Setelah benar-benar mati kepitingnya, angkat lalu tiriskan. Setelah itu potong menjadi beberapa bagian. Biasanya sich sudah "mretel" dengan sendirinya. Untuk yang bagian cangkangnya dibelah jadi dua. Sedangkan untuk bagian tangannya di pukul pake "ulekan" biar kulit keras yang melindungi daging terbuka.
  4. Setelah itu goreng dengan minyak dicampur dengan margarin agar kepiting tidak berbau amis dan rasanya menjadi gurih.
  5. Untuk bumbunya cukup sediakan bawang puting, bawang merah, cabe rawit (sesuai selera), cabe merah yang besar, garam, serai, dan tomat. Semua bahan tersebut diulek sampe lembut (tidak terlalu lembut juga tidak apa-apa).
  6. Sediakan penggorengan yang telah dituangi minyak dan dicampur dengan margarin. Goreng bawang bombay sampai matang (sampe tidak tercium bau langu). Setelah itu campur semua yang telah diulek tadi dan ditambahkan dengan jahe. Goreng sampe matang (agak lama karena menunggu agar bau langunya hilang maksudnya bau bawang putih dan merah).
  7. Setelah tidak tercium bau langu tambahkan saus tomat, saus sambal, kecap tiram (klo tidak ada diganti dengan kecap tiramisu juga boleh) dan agar lebih kental tambahkan tepung maizena (bisa pake ato tidak) serta tambahkan air dan jangan lupa tambahkan bumbu penyedap (masako, rayco, dan lan-lain sebagainya juga boleh). Diamkan selama beberapa menit lalu masukkan kepiting ke dalam penggoreng dan dicampur dengan bumbu.
  8. Dan jadilah masakan kepitingnya.
  9. Mak Nyus pokoknya.
 Emang sich udah k g k bentuk lg soalnya wktu itu tak foto pa kepitingnya habis separuh. Padahal aslinya buanyak banget. :)

4 komentar:

  1. sepertinya enak. Sluuuuurp :9 mau buat juga ah nti di rumah Cirebon. Kalo di Cirebon, kepiting n rajungan lebih banyak lagi, besar-besar n masih segar. :)

    BalasHapus
  2. sy,,,ayo masak bareng2 d kosanmu yuk??

    BalasHapus
  3. Lek dikosan ku ga enak, pake kompor minyak. Aku lebih suka pake kompor gas. Dan juga sekarang komporku udah ga ada. Kalo dirumah bulekmu gmn? Tapi ga enak yo ma bulekmu. Ayo wes Ka, ndang lulus trus kita cabut dari kota ini n ngontrak bareng, biar bisa masak-masakan lagi.

    BalasHapus
  4. klo d tempate bulekq juga sungkan sy,,mending gitu aja,,makane ndang diselesein tu skripsinya,,jangan2 ntar qt wisuda bareng sy,,

    BalasHapus